Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati (Research Center for Bio-Molecule Engineering, BIOME) didirikan pada 12 Maret 2019 berdasarkan Surat Keputusan Rektor No 965/UN3/2019 Pusat Riset ini memperluas dan menambah bidang garap riset dan pengembangannya tidak hanya research group proteomik yang sudah ada namun juga bidang garap yang telah dikembangkan sebelumnya di Departemen Biologi dan Departemen Kimia, yaitu Mikrobiologi dan Eksplorasi dan Sintesis Organik Senyawa Bio-aktif. Selanjutnya pengembangan molekul hayati juga dilakukan dengan melakukan berbagai eksplorasi, isolasi dan rekayasa sumber molekul hayati baik yang terdapat di alam maupun hasil pengembangan sintesis kimiawi sebagai aktivator maupun inhibitor yang mampu diaplikasikan di berbagai bio-industri medis, farmasi maupun agro-industri pangan, pakan dan pengolahan lingkungan yang menuju industri ramah lingkungan atau green industry.

Secara detail Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati (Research Center for Bio-Molecule Engineering) terdiri dari empat research group, yaitu (1). Proteomik, (2) Mikrobiologi Terapan dan Teknologi Pengolahan Sumber Alam Hayati,  (3). Eksplorasi dan Sintesis Senyawa Bio-aktif, dan (4) Bioinformatika.

Berdasar pada tantangan pengembangan bidang garap pembangunan berkelanjutan (SDGs) berbasis IPTEK, dan kekuatan kelompok riset (research group) proteomik, mikrobiologi dan sintesis molekul hayati aktif Universitas Airlangga, maka pendirian Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati (Research Center for Bio-Molecule Engineering) yang beranggotakan tiga kelompok riset tersebut di atas akan mampu memperkuat peran Universitas Airlangga dalam menghasilkan dan mendiseminasikan karya publikasi internasional, bio-produk unggulan yang dapat diaplikasikan pada bio-industri beserta karya HAKI sebagai karya inovatif pusat riset.

Struktur Organisasi PUI-PT Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati

Visi

Sebagai pusat unggulan riset dan pengembangan Bio-material maju berbasis bahan lokal Indonesia yang mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan serta mampu di diseminasikan secara nasional dan internasional.

Misi
Dalam mewujudkan Visi yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, PUI-Rekayasa Molekul Hayati mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang unggul dalam bidang rekayasa molekul hayati dan mikrobiologi serta berdaya saing global.
  2. Melakukan penelitian inovatif di bidang proteomik, mikrobiologi dan eksplorasi bahan aktif serta sintesis untuk mengatasi permasalahan kesehatan, ketahanan pangan, dan lingkungan.
  3. Mengembangkan produk inovatif berbasis bio-material maju guna mendukung pembangunan industri yang berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi, paten dan lisensi.
  5. Melakukan sinergisitas kerjasama dan manajemen inovasi strategis sebagai bentuk daya dukung pembangunan berkelanjutan.